Tilamuta, MediaCenter – Guna untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasannya, sebanyak kurang lebih 227 Aparat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan dan Perencanaan Keuangan dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Selasa (23/3/2021) di Hotel Putra Tunggal Tilamuta.

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf mengatakan, selaku Pemerintah Daerah dirinya berharap kiranya apa yang dipelajari oleh ke 227 aparatur pemerintah itu, dapat diterapkan dimasing-masing satuan kerja sehingga proses penatausahaan keuangan serta pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

“Didalam pelaksanaan Bimtek ini tentu kami berharap agar seluruh peserta bisa memaksimalkan keikutsertaannya, dan benar-benar serius sehingga materi yang diberikan oleh pemateri dari Kemendagri ini dapat dikuasai untuk diterapkan dimasing-masing OPD,” kata Plt. Bupati.

Selanjutnya terkait dengan pengelolaan keuangan daerah, Plt. Bupati menjelaskan hal itu melingkupi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah.

“Untuk melakukan pengelolaan keuangan yang kredibel, transparan dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan, perlu adanya pengelolaan keuangan yang transparan dalam satu sistem antara pemda, provinsi, dan pusat, dengan harapan dapat terjadi konsistensi antara dokumen perencanaan dan penganggaran, juga efisiensi serta efektifitas waktu,” tutur Plt. Bupati.

Olehnya Kata Plt. Bupati, prosedur pengelolaan keuangan yang meliputi serangkaian proses tersebut, dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...