Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf pimpin Apel Pagi di Dinas KUKM Perindag Kabupaten Boalemo, Jum’at, 22/1/2021. Foto : Rio Larekeng

Tilamuta, MediaCenter – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Boalemo Anas Jusuf minta Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan (KUKM dan Perindag) ubah strategi tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu Anas minta dibuatkan Matriks dalam rangka analisis strategi peningkatan PAD dari sektor retribusi pasar. Ini disampaikan saat pimpin apel pagi di Dinas KUKM dan Perindag Kabupaten Boalemo, Jum’at, 22 Januari 2021.

Saya minta Pak Kadis buatkan matriks jumlah pasar, hari pasar, target perbulannya berapa dan rinciannya perbulan, karena bulan Januari Februari itu berbeda dengan bulan April sampai menjelang puasa, dan setelahnya agak turun,” kata Anas Jusuf.

Anas Jusuf menginginkan sistem pemungutan dan penyetoran retribusi pasar diperbaiki untuk persingkat alur PAD dari penyetor sampai ke kas daerah.

Kita perbaiki sistemnya, agar PAD ini betul-betul kita dapatkan dan disetorkan ke daerah. Saya tidak ingin ada PAD yang harus disetorkan tidak sesuai dengan mekanisme yang telah kita sepakati,” kata Anas Jusuf.

Ana Jusuf-pun meminta data ini di breakdown perbulan dan perpasar. Sehingga progresnya dapat dipantau dan dilakukan koreksi jika diperlukan.

Misalnya pasar minggu, kita breakdown pasar besarnya hari apa, pasar kecilnya hari apa, dan kita rinci perbulan itu berapa capaiannya, kan berbeda antara bulan-bulan biasa dan bulan menjelang Ramadhan,” ujar Anas Jusuf.

Anas menjelaskan, apa yang telah diutarakan ini demi peningkatan PAD, disisi lain kebutuhan biaya rutin dinas semakin hari makin meningkat, Plt. Bupati Anas juga mengatakan, jangan selamanya bergantung pada kucuran dana dari pusat.

Apa yang saya sampaikan ini, agar kita betul-betul fokus serius, karena kalau kita tidak mencari potensi dan memanfaatkan potensi untuk kepentingan daerah, semakin lama biaya-biaya rutin kita semakin tinggi, biaya operasional semakin tinggi, sehingga kita harus mencari sumber-sumber yang ada  untuk menunjang operasional kita,” jelas Anas Jusuf.

Jangan selalu berharap dari pusat,” ujar Anas Jusuf.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Boalemo menerima saran masukan beberapa pejabat, staf Dinas KUKM dan Perindag dan minta dijadwalkan kembali pertemuan pada minggu depan guna pemantapan strategi peningkatan PAD di Dinas KUKM dan Perindag Kabupaten Boalemo. (RL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...