Tilamuta, MediaCenter – Guna untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pelaku usaha ekonomi kreatif (Ekraf), Bidang Ekraf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo menggelar pelatihan manajemen usaha dan diversifikasi produk ekonomi kreatif, Kamis (25/3/2021) di Grand Amalia Hotel Tilamuta.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo tersebut, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo serta tiga puluh orang peserta pelaku usaha.

Dalam sambutannya Sekda Boalemo Sherman Moridu menyampaikan, sasaran utama dari kegiatan tersebut yakni industri ekonomi kreatif, yang merupakan salah satuh sektor pemberi kontribusi pemasok devisa terbesar setelah non migas.

“Dengan Bimtek ini, tentunya dapat menginventarisir produk-produk unggulan yang ada di Boalemo dan benar-benar diminati masyarakat, sehingga ini bisa mengangkat situasi pemulihan ekonomi ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda saat ini,” kata Sekda Boalemo.

Menurut Sekda Sherman Moridu, meski saat ini tengah menghadapi dampak buruk dari covid-19, namun pemerintah dan masyarakat harus terus berupaya untuk dapat memulihkan dan kembali meningkatkan ekonomi daerah.

“Ini luar biasa, Dinas Pariwisata melakukan kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi, dan kita mengharapkan materi dari Ibu Kadis Pariwisata Provinsi, tentang bagaimana cara mengelola potensi-potensi yang ada di Boalemo, untuk diversifikasi usaha atau dapat memberikan nilai turunan dari usaha kreatif,” tutur Sekda Boalemo Sherman Moridu.

Untuk itu Sekda berharap, melalui kegiatan tersebut dapat melahirkan para pelaku ekonomi kreatif yang memliki keahlian, guna untuk menciptakan perubahan serta dapat berkompotensi dengan berbagai macam produk ekonomi kreatif dimasa mendatang.

“Diharapkan kegiatan ini dapat membawa dampak yang positif bagi kemajuan dan perkembangan ekonomi kreatif, dan juga memberikan ruang informasi terhadap produk baru, serta produk yang sudah berkembang,” harap Sekda Boalemo Sherman Moridu.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo Azan Ismail dalam laporannya menjelaskan, pada pelaksanaan kegiatan itu pihaknya menghadirkan peserta sebanyak kurang lebih 30 orang.

“Dalam pelaksanaan pelatihan ini kami menghadirkan unsur perwakilan peserta, yakni pelaku usaha ekonomi kreatif dalam hal unit jasa usaha kuliner, dan jasa usaha kriya dari 17 sub sektor pelaku usaha yang telah aktif melakukan usahanya,” kata Azan Ismail.

Mantan Camat Botumoito Azan Ismail ini menuturkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan daya saing produk usaha dibidangnya masing-masing, khususnya bagi pelaku usaha ekonomi kreatif.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yakni diantaranya, guna untuk meningkatkan pendapatan ekonomi bagi pelaku usaha, serta dapat memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah,” ungkap Kabid Ekraf Azan Ismail. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...