Sumber : Dokumentasi Pimpinan Setda Boalemo

Tilamuta, MediaCenter – Bupati Boalemo menerima langsung bantuan kapal Pengawas Todak 02, yang diserahkan langsung Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) RI, Rabu (21/10/2020) di Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bitung.

Kapal yang merupakan Hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tersebut rencananya akan difungsikan oleh Pemerintah Daerah, guna untuk mendukung kepentingan Kabupaten Boalemo diantaranya penunjang pelayanan kepariwisataan.

“Kapal ini akan kami gunakan sebagai penunjang tugas Pemerintah Daerah dalam melakukan kunjungan kerja kebeberapa kecamatan yang ada di pesisir Kabupaten Boalemo,” Tutur Bupati Boalemo Darwis Moridu.

Selain itu Bupati Darwis menambahkan, keberadaan kapal ini juga dapat membantu para nelayan dan pelaku usaha perikanan lainnya, apabila terjadi kecelakaan atau musibah diperairan Teluk Tomini.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Keberadaan kapal pengawasan yang dihibahkan kepada kami ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, serta kami juga akan menyediakan anggaran operasionalnya setiap tahun,” kata Bupati Darwis.

Sementara itu Dirjen PSDKP Haeru Rahayu menjelaskan, dalam kesempatan itu Kementerian Kelautan dan Perikanan RI akan menyerahkan 2 buah kapal pengawas kepada dua daerah yang ada di wilayah Sulawesi.

“Pagi ini kita akan menyerahkan bantuan kapal pengawas dari KKP cq Dirjen PSDKP kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo dan Sulawesi Tengah, ada dua kapal yakni todak 01 dan 02,” ujarnya.

Menurut Dirjen PSDKP Haeru Rahayu, kapal yang diserahkan tersebut merupakan kapal yang biasa dipakai oleh Dirjen PSDKP dalam melakukan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

“Mudah-mudahan kapal ini bisa digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo dan Sulawesi Tengah, kami dari pusat tetap akan memberikan dukungan berupa Nomor Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), tetapi untuk operasionalnya tetap ada di Provinsi maupun di Kabupaten dan kota,” katanya. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...