Foto : Arif/Dokumentasi Pimpinan

Tilamuta, MediaCenter – Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo mengatakan, dengan hadirnya Perpustakaan Desa yang digagas Pemerintah Kabupaten Boalemo, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, dapat lebih mencerdaskan serta menambah wawasan masyarakat yang ada di pedesaan.

Hal ini disampaikan Sekda Sherman Moridu ketika membuka Rapat koordinasi dan evaluasi pengelola Perpustakaan Desa, sekaligus Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2020, Selasa (17/11/2020) di Ruang Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

“Perpustakaan Desa dan Dusun Pintar menempati posisi yang strategis dalam mendukung peningkatan sumber daya manusia di pedesaan. Perpustakaan Desa merupakan sarana peningkatan kualitas SDM yang mudah dijangkau oleh masyarakat di pedesaan,” kata Sekda Sherman Moridu.

Sekda menambahkan, era informasi saat ini menuntut masyarakat senantiasa tanggap terhadap perkembangan dan perubahan informasi kehidupan.

“Dunia global pun menuntut kesadaran diri masyarakat agar meningkatkan kemampuan, keterampilan, ketangkasan dan wawasan, sehingga dapat eksis ditengah kehidupan,” ujar Sekda Sherman Moridu.

Selanjutnya Sekda Boalemo menjelaskan, penggunaan perpustakaan desa dapat dianggarkan melalui Dana Desa, sesuai amanat Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 13 tahun 2020.

“Melalui kesempatan ini saya mengimbau kepada para Kepala Desa, untuk dapat menganggarkan pembangunan perpustakaan desa, dan sekaligus beserta fasilitas penunjang lainnya melalui Dana Desa sesuai aturan yang berkenaan,” kata Sekda.

Untuk itu Sekda Boalemo Sherman Moridu berharap, kiranya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah terus berinovasi, dalam upaya untuk mendorong minat membaca masyarakat Kabupaten Boalemo. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...