Penyerahan dokumen Adminduk oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Boalemo Sunandar A. Sadu

Tilamuta, MediaCenter – Ditengah pandemi covid-19 yang sementara melanda saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boalemo terus melakukan berbagaimacam invoasi, diantaranya dengan memudahkan pengurusan surat kependudukan dan pencatatan sipil .

Seperti dalam hal pernikahan, dengan bekerja sama Kantor Urusan Agama (KUA) di tujuh Kecamatan se Kabupaten Boalemo, Instansi yang dikomandoi Teguh Djatmika selaku Kepala Dinas itu terus memanjakan masyarakat dengan memudahkan playanan pernikahan yang terintegrasi.

“Pasangan suami istri yg melaksanakan akad nikah, pulang sudah membawa buku nikah, kartu keluarga dan KTP (perubahan status dari belum kawin menjadi kawin). Penyerahan dokumen tersebut dilakukan bersamaan, dimana KUA menyerahkan buku nikahnya dan Dinas Dukcapil menyerahkan dokumen kependudukannya,” ungkap Kadis Dukcapil Teguh Djatmika via WhatsAap (WA), (1/9/2020).

Teguh menjelaskan, mekanismenya yakni sehari sebelum pelaksanaan akad nikah, dari pihak KUA sudah menginformasikan melalui group WA, dan didalamnya telah tertuang nomor register yang tertera dalam buku nikah, sehingga Dukcapil akan mudah menginput dokumen kartu keluarga.

“Alhamdulillah, inovasi ini langsung dapat dirasakan oleh pasangan suami istri yang baru saja melangsungkan pernikahan, dan menjamin bahwa setiap pasangan suami istri tertib dokumen Adminduk, sehingganya Gerakan Indonesia Sadar Adminduk tercapai,” kata Teguh.

Teguh menambahkan, program yang diaksanakannya ini merupakan penjabaran dari instruksi Bupati dan Wakil Bupati Boalemo terkait dengan kinerja Aparat Pemerintah Kabupaten Boalemo.

“Inovasi ini sebagai tindak lanjut arahan Bupati Boalemo yang menuntut OPD untuk berinovasi dan berkinerja, dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Bukan dilayani tapi melayani,” ungkap Kadis Dukcapil Teguh Djatmika. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...