Tilamuta, MediaCenter – Meski sempat mengungkapkan kekecewaannya terhadap ASN yang Indisipliner, Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf merasa bangga serta memuji inovasi-inovasi yang tengah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Anas Jusuf ketika memimpin Apel Pagi di lingkungan Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Boalemo, Rabu (2/12/2020) di Halaman Kantor Dukcapil.

“Dukcapil ini konsepnya Kepala Dinas sudah bagus, saya melihat ada perubahan-perubahan yang signifikan didalam pelayanan, termasuk fasilitas yang ada, luar biasa bisa membangun Masjid tanpa ada bantuan dana berlebih dari pihak lain, dan ini merupakan swadaya murni dari teman-teman yang ada disini, itu saya berikan penghargaan” kata Plt Bupati.

Adapun inovasi Dinas Dukcapil yang menarik perhatian khusus Plt. Bupati diantaranya, Layanan Dokumen Kependudukan Berbasis Online melalui Website Dinas Dukcapil dan Whatsapp dan Layanan Jemput Bola Pencatatan Perkawinan Non muslim.

Selain itu, Dukcapil juga mempermudah masyarakat dengan membolehkan semua dokumen kependudukan bisa cetak di rumah kecuali KTP dan KIA serta program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), dimana dengan sistem ini bisa memprotek praktek-pratek yang tidak benar.

“Saya menyaksikan sendiri bagaimana Kadis Dukcapil melakukan demo dihadapan Kepala Cabang BRI, Beliau langsung membuat Kartu Keluarga, disitu langsung dicetak, dan orang kesulitan dimana-mana tidak perlu ke Kantor Capil, hanya lewat sistem sudah menyelesaikan persoalan administrasi, ini luar biasa dan menurut saya bagus,” tutur Plt Bupati.

Plt Bupati Anas Jusuf menegaskan, dalam hal melayani masyarakat, Dinas Dukcapil harus melakukannya dengan sunggu-sunggu tanpa melakukan tindakan diluar dari ketentuan hukum yang berlaku.

“Didalam melayani masyarakat, mari kita benar-benar menampilkan sosok pelayan, jadikanlah masyarakat adalah raja. Jangan melihat dari penampilan dan status sosial, tetapi masyarakat harus dilayani sepenuh hati, dengan ketulusan dan keikhlasan, jangan dibeda-bedakan,” tegas Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...