Tilamuta, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), menandatangani Nota Kesepakatan bersama Pengadilan Agama (PA) Tilamuta yang disaksikan langsung Plt. Bupati Boalemo bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, Jum’at (18/12/2020) di Pendopo Kantor Bupati Boalemo.

Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf mengatakan, kerja sama yang dibangun tersebut dalam rangka menyelenggarakan pelayanan terpadu, yang tujuannya adalah memberikan kepastian identitas hukum kepada masyarakat, guna menciptakan administrasi kependudukan yang tertib dan teratur diwilayah hukum Kabupaten Boalemo.

“Pelayanan terpadu seperti ini akan bermanfaat besar terutama dikalangan masyarakat kurang mampu, seperti halnya kemudahan dalam proses administrasi pendidikan, kemudian dapat memangkas biaya serta lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat,” kata Plt. Bupati.

Plt Bupati menuturkan, tuntutan masyarakat saat ini semakin tinggi terkait dengan ketentuan identitas hukum bagi pasangan suami isteri yang tidak tercatat di Kantor Urusan Agama, seperti kepemilikan salinan Buku Nikah, yang tentunya memerlukan penetapan Itsbat Nikah dari Pengadilan Agama.

“Dengan melihat keterbatasan ekonomi dan finansial masyarakat sebaga pemohon itsbat nikah, maka ditahun 2021 Pemerintah Daerah telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan itsbat nikah sebesar Rp. 500 juta sebagai bentuk perhatian Pemda untuk membantu masyarakat,” ujar Plt. Bupati Anas Jusuf.

Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Dr. Drs. Izzudin Hm, S.H., M.H. menjelaskan, kerja sama seperti ini telah dimulai sejak tahun 2012 oleh Dirjen Mahkamah Agung bersama Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI.

“Kepastian hukum dan status hukum seorang yang mempunyai keluarga adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, berkaitan dengan status hukum bukan hanya didunia namun bahkan di akhirat. Karena mereka kalau punya anak, harus jelas status anaknya,’ kata Ketua PA Tinggi Gorontalo.

Untuk itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Izzudin, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Boalemo yang telah membangun kerja sama dengan pihak Pengadilan Agama melalui Dinas Dukcapil dan PA Tilamuta.

“Melalui kesempatan ini kami atas nama pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, menyampaikan terima kasih kepada Bapak Plt. Bupati beserta jajarannya, yang telah menyelenggarakan MoU ini dan menyediakan anggaran untuk itsbat nikah bagi masyarakat Boalemo,” ucap Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Dr. Drs. Izzudin Hm, S.H., M.H.

Melalui kesempatan itu pula, Pengadilan Agama Tilamuta melakukan penobatan Duta Damai (Ambasador for Peace Two Thousand and Twenti) Tahun 2020, kepada pasangan yang sempat mengalami masalah rumah tangga dan bisa disatukan kembali oleh PA Tilamuta. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...