Foto/Data : Sub Dokumentasi Pimpinan Setda Boalemo

Tilamuta, MediaCenter – Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam tata kelola pemerintahan, memiliki peran yang sangat penting guna untuk mengidentifikasi masalah, baik yang bersifat aktual maupun prediktif yang berkembang di daerah.

Hal tersebut disampaikan Asisten I Setda Boalemo Roswita Is Manto ketika membuka kegiatan Workshop Kelitbangan, yang digelar Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) Kabupaten Boalemo di Hotel Ibis Manado, Selasa (16/3/2021).

Asisten I Roswita menuturkan, dalam menghadapi permasalahan yang muncul, terkadang tidak melalui proses penelitian dan pengembangan, namun hanya berdasarkan sense pembuat kebijakan.

“Penelitian dan pengembangan merupakan satu kegiatan yang dilakukan secara sistematis baik yang bersifat epistemologi maupun bersifat empiris dalam memperoleh informasi, data dan atau pembuktian terhadap kebenaran yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan,” kata Roswita.

Lanjut Roswita menjelaskan, kelitbangan sebagai salah satu instrument pembinaan penyelenggaraan Pemda, untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah melalui pembinaan umum dalam bentuk fasilitasi, konsultasi, pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan.

“Untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, harus dilakukan penguatan kelembagaan penelitian dan pengembangan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah,” tutur Roswita.

Olehnya Asisten I Setda Boalemo Roswita Manto berharap, melalui Workshop tersebut kiranya bisa memberikan dampak yang kuat terhadap perubahan, guna untuk meningkatkan peran kelitbangan dalam pembangunan daerah.

“Langkah Pemda Kabupaten Boalemo dalam menyikapi dinamika litbang terhadap proses perencanaan pembangunan daerah, yakni dengan memperkuat kebijakan Pemerintah Daerah berbasis kelitbangan terapan dan tematik didalam perencanaan, memanfaatkan hasil-hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan pimpinan daerah dalam merumuskan kebijakan daerah,” ujar Asisten I Roswita Manto. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...