Tilamuta, MediaCenter – Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf menyambut kunjungan Kerja Gubernur Rusli Habibie, dalam rangka evaluasi program tahun anggaran 2020, sekaligus pemaparan program tahun anggaran 2021 dana APBD/APBN Kabupaten Boalemo, Selasa (16/2/2021) di Pendopo Kantor Bupati Boalemo.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Anas Jusuf melaporkan tentang kondisi perekonomian Boalemo, ditengah wabah covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.

“Walaupun secara nasional maupun di daerah mengalami guncangan pandemi covid-19, namun kondisi perekonomian dapat dilihat dari indikator ekonomi makro daerah berupa IPM pada tahun 2019 sebesar 65,53 poin, meningkat menjadi 65,91 poin pada tahun 2020,” kata Plt. Bupati.

Selanjutnya Plt. Bupati Anas Jusuf menjelaskan, terkait dengan angka kemiskinan, Kabupaten Boalemo telah mengalami penurunan yang cukup memuaskan.

“Presentase angka kemiskinan di Kabupaten Boalemo mengalami penurunan dari 18,87 % ditahun 2019, menjadi 18,57 % ditahun 2020, sehingga disimpulkan bahwa presentase di Boalemo selama kepemimpinan DAMAI turun sebesar 3,28 %,” tutur Plt. Bupati Anas Jusuf.

Selain itu, dalam bidang pembangunan Plt. Bupati Anas Jusuf menyampaikan beberapa rencana kerja Pemkab Boalemo yang akan dilaksanakan.

“Ada beberapa prioritas pembangunan di Boalemo yang sangat mendesak untuk ditangani, agar kiranya dapat diakomodir dalam APBD Provinsi Gorontalo yakni diantaranya, peningkatan jalan by pass Lahumbo Kecamatan Tilamuta, sebab ditahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Boalemo, telah mengalokasikan pembangunan Box culvert,” kata Plt. Bupati.

Plt. Bupati juga menyampaikan beberapa rencana kerja pembangunan lainnya yakni dalam bidang akses transportasi laut, bidang pariwisata dan pekerjaan perbaikan gedung serba guna.

 “Kami yakin, melalui kunjungan kerja ini, Bapak Gubernur berkenan melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi, mengenai permasalahan aktual pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Boalemo, dengan harapan nantinya akan dapat dirumuskan kebijakan-kebijakan yang efektif ditingkat Provinsi, untuk membantu pengentasa ketertinggalan di Boalemo,” kata Plt. Bupati. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...