Tilamuta, MediaCenter – Tahun 2020 target pencegahan stunting di Kabupaten Boalemo terlampaui, hal ini diungkap Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf saat buka kegiatan Review Kinerja Tahunan (AKSI 8) Konvergensi Penanganan Stunting Tahun 2020, Jum’at, (29/1/2021) di Grand Amalia Hotel Tilamuta.

Target yang kita canangkan 17 %, Alhamdulillah kita bisa menjadi 15,5 di tahun 2019, dan tahun 2020 berada pada angka 14,5” ujar Plt. Bupati Anas Jusuf.

Menurut Anas, jika melihat capaian, Kabupaten Boalemo telah melampaui target yang telah ditetapkan, fakta ini membuktikan pencegahan stunting di Kabupaten Boalemo berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Namun juga ada beberapa penilaian kinerja yang mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2020 Kabupaten Boalemo hanya mendapatkan 1 kategori yakni replikatif dari 3 kategori yang ada, berbeda pada tahun 2019 Kabupaten Baoalemo berhasil memboyong 3 kategori sekaligus yakni kategori inovatif inspiratif dan replikatif.

Ini menandakan kita harus lebih giat bekerja lagi,” ucap Anas.

Pada peringkat dalam aksi 1 sampai 4 pelaksanaan konvergensi interfensi penanganan stunting, Kabupaten Boalemo berada pada peringkat 2 dengan nilai 91,97 dibawah Kabupaten Pohuwato yang menduduki peringkat 1 dengan nilai 95,97, disusul peringkat 3 dan 4 yang ditempati Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Tidak hanya itu, Kabupaten Boalemo pun mendapat skor 38 pada pelaksanaan hasil penilaian kinerja, sama dengan Kabupaten Pohuwato serta Bone Bolango dan berada diatas Kabupaten Gorontalo yang hanya mendapatkan skor 36. Namun pada aksi 5 sampai 8, Kabupaten Boalemo berada pada posisi dibawah Kabupaten Gorontalo dan Pohuwato.

Dari angka-angka diatas, Anas mengatakan banyak hal yang bisa ditarik sebagai bahan evaluasi dalam merumuskan strategi yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 nanti.

Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf berharap, beberapa hal yang menjadi kekurangan dapat diperbaiki dan dibenahi termasuk pada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan kinerjanya.

Ada beberapa hal yang perlu dibenahi, dibeberapa bidang dan beberapa aspek kita perlu meningkatkan kinerja lagi.” Kata Anas Jusuf.

(MCBoalemo/RioLarekeng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...