Tilamuta, MediaCenter – Ketua DPRD Kabupaten Boalemo Karyawan Eka Putra Noho menyarankan, kiranya Pemerintah Kabupaten Boalemo belajar atau melakukan studi tiru ke daerah yang penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) sudah lebih baik.

Hal tersebut disampaikannya dihadapan Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf beserta jajaran, ketika memberikan sambutan pada Coaching Clinik Sakip, dan Penguatan Reformasi Birokrasi di Hotel Aston Kota Gorontalo, Selasa (23/2/2021).

Ketua DPRD Boalemo menjelaskan, untuk dapat mengadakan perbaikan, penataan, reformasi atau transformasi dari existing performance ke future performance dibutuhkan strategi yang tepat.

“Saya sarankan kalau bisa para pemangku kepentingan, selain kita mendengarkan materi dari para pemateri yang handal, kita juga bisa melihat dan memantau daerah-daerah yang SAKIPnya baik,” kata Ketua DPRD.

Dalam hal reformasi birokrasi, Ketua DPRD Karyawan Eka Putra Noho mengatakan, pemerintah merupakan unsur yang paling berperan dalam penyelenggaraan Negara, baik dari tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, dalam melakukan fungsi-fungsi pengaturan dan pemberian pelayanan.

“Yang dibutuhkan adalah kinerja bapak ibu yang hadir pada hari ini, kami di DPRD tetap melaksanakan fungsi pengawasan, tetapi kami dalam pengawasan tetap memikirkan bagaimana kita mengawasi daerah kita yang kita cintai ini, sehingga daerah kita bisa disaksikan oleh daerah lain betul-betul menjadi baik dan menjadi contoh bagi daerah lain di Provinsi Gorontalo,” jelasnya.

Menurutnya kegiatan yang digagas Bagian Ortala Setdas Boalemo tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting, namun dirinya menyarakan agar pemerintah tidak hanya sebatas mendengarkan materi dari para narasumber.

“Kegiatan seperti ini jangan Cuma kita lakasanakan disaat kita membutuhkan sesuatu, atau bagaimana kita menjadi yang terbaik, tetapi kita berpikir bagaimana kita bekerja untuk daerah kita, untuk masyarakat kita, sehingga apa yang dihasilkan betul-betul bermanfaat bagi daerah kita,” tutur Ketua DPRD Karyawan Eka Putra Noho.

Olehnya, Ketua DPRD mengaku siap mendukung penuh segala program yang digagas pemerintah Kabupaten Boalemo, yang saat ini dipimpin Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, terlebih dari segi pendanaan.

“Kami dari DPRD, apapun program yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada kami, kami siap mensuport dengan anggaran, dengan catatan perlihatkan kinerja yang baik untuk kemajuan daerah kita,” ungkapnya. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...