Tilamuta, MediaCenter – Keindahan alam Kabupaten Boalemo memang tak ada habisnya, mulai daratan hingga lautan, dan beberapa lokasi telah sukses dijadikan destinasi wisata oleh Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa sampai pengusaha.

Setelah pantai Bolihutuo, air terjun Ayuhulalo, pantai ratu Desa Tenilo hingga Pulo Cinta yang kini sudah mendunia, kembali Kabupaten Boalemo akan segera memiliki destinasi wisata baru yang terletak di Desa Bajo Kecamatan Tilamuta.

Digagas Pengusaha Muda pengelola Pulo Cinta Joshua yang bekerja sama dengan Pemerintah Desa Bajo, pembangunan destinasi wisata yang rencananya bernuansa religi ini terletak di Pulau Botak, dan diawali dengan pembangunan masjid Al-zaman, yang ditandai peletakan batu pertama oleh Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, Rabu (14/4/2021).

Dalam wawancara usai pelaksanaan kegiatan itu Plt. Bupati Anas jusuf mengatakan, pembangunan destinasi wisata baru tersebut bertujuan untuk pemanfaatan lahan yang tak terpakai agar lebih bernilai guna.

“Alhamdulillah kita pada hari ini menyatukan niat, untuk membangun masjid ditengah pulau yaitu pulau botak yang perjalanannya kurang lebih 10 menit dari tepi pantai Desa Bajo, ini dimaksudkan untuk memanfaat pulau ini agar bisa lebih bermanfaat,” kata Plt. Bupati.

Selanjutnya Plt. Bupati Anas Jusuf menuturkan, diterapkannya nuansa religi pada destinasi wisata baru ini, tujuannya tak lain untuk menampilkan icon sebuah tempat ibadah ditengah laut, dalam rangka mendukung program Boalemo Damai Bertasbih.

“Dengan adanya pembangunan Masjid yang akan direncakan juga bersamaan dengan pembangunan Pesantren, ini diharapkan menjadi salah satu tempat alternatif bagi kita baik Umat Islam maupun wisatawan mencari suasana baru yakni wisata religi,” tutur Plt. Bupati Anas Jusuf.

Sementara itu Pengusaha Muda yang juga pengelola Pulo Cinta Joshua, selaku penggagas pembangunan destinasi wisata baru menjelaskan, untuk penganggaran pembangunan tersebut pihaknya terus berupaya demi terwujudnya sumber pendapatan lain masyarakat Boalemo khususnya warga Desa Bajo.

“Insya Allah penggalangan dana kita lagi sementara upayakan, dan untuk pembangunan ini tentunya ada kaitannya dengan Pulo Cinta, karena pulo cinta merupakan salah satu penyokong dari pembangunan destinasi wisata religi ini,” ungkap Joshua

Disamping itu Kepala Desa Bajo Suldi Budi mengungkapkan rasa syukur, atas dibangunnya wisata yang berlokasi diwilayah pemerintahannya, dimana menurut Suldi hal ini akan berdampak baik terhadap masyarakat desa bajo itu sendiri terutama dalam hal peningkatan ekonomi.

“Tentunya kami sangat bersyukur, baik itu pemerintah desa dan seluruh masyarakat, dan Insya Allah kalau ini sudah berjalan dengan baik, maka akan menjadi salah satu yang bisa menambah pendapatan masyarakat yang selama ini bergantung dari hasil laut saja, seperti anatar jemput tamu yang berkunjung ke lokasi wisata religius ini,” kata Kades Bajo. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...