Tilamuta, MediaCenter – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPTRI), memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo, yang telah melaksanakan sistem inovasi daerah secara berkelanjutan, yakni dengan menyelenggarakan Pilkades menggunakan sistem Elektronik Voting (E-Voting).

Penyerahan penghargaan dilakukan secara daring yang dirangkaikan dengan acara Hari Ulang Tahun BPPT RI ke 42 dan diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Senin (24/08/2020) di Ruang Vicon Kantor Bupati.

Sekda Boalemo Yakop Musa menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan kali kedua yang diterima Pemkab Boalemo saat melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak secara e-voting sejak tahun 2015 hingga 2019.

“Ini merupakan penghargaan yang kedua, setelah Kabupaten Boalemo pada tahun 2015 sukses meneyelenggarakan pemilihan Kepala Desa secara serentak dengan sistem e-voting, sehingga pada tahun berikutnya ada beberapa daerah di Indonesia datang melakukan studi banding ke Boalemo,” tutur Sekda Yakop Musa.

Sekda Yakop mengatakan, pada tahun 2017 dan 2019 Boalemo kembali sukses menyelenggarakan pilkades dengan sistem yang sama.

“Satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang sudah menerapkan sistem e-voting ini hanya di Kabupaten Boalemo, sehingga hal ini rencananya bisa jadi akan dipatenkan untuk pelaksanaan Pilkades serentak,” kata Sekda.

Namun menurut Sekda, suksesnya pelaksanaan Pilkades dengan sistem e-voting ini tidak lepas dari berbagai kendala seperti minimnya perangkat penunjang kegiatan.

“Hanya saja belajar dari kendala yang kita hadapi, kedepan kami akan melakukan kunjungan ke BPPT RI untuk membicarakan kelengkapan alat e-voting, dan semoga saja pemerintah pusat dapat memberikan bantuan berupa fasilitas yang lengkap pada pelaksanaan Pilkades selanjutnya,” tutur Sekda Boalemo Yakop Musa. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...