Tilamuta, MediaCenter – Guna menjaga kualitas hasil pertanian, Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf mengajak para petani untuk menggunakan pupuk organik.

Hal tersebut disampaikanya ketika membuka acara sosialisasi Pengolahan pupuk organik yang diintegrasikan dengan kegiatan BUMDes, di Balai Pertemuan Pertanian Kecamatan Wonosari, Selasa (20/4/2020).

Dalam sambutannya Plt. Bupati Anas Jusuf menjelaskan, penggunaan pupuk organik oleh para petani akan kembali menyuburkan tanah serta memperbaiki kualitas tanaman.

“Diseluruh dunia termasuk di Indonesia mulai mengembangkan pupuk organik, nah pupuk organik ini bukan hanya menyuburkan tetapi mengembalikan unsur hara didalam tanah, kalau selama ini kita pakai bahan kimia terus, itu lama kelamaan tanah akan teracuni, dan dengan menggunakan pupuk organik ini maka tanah disegarkan kembali,” kata Plt. Bupati.

Selain itu menurut Plt. Bupati Anas Jusuf, penggunaan pupuk yang mengandung bahan kimia dengan durasi waktu yang cukup lama, akan bisa merusak kesuburan tanah.

“Kenapa hari ini para pakar dan para penggiat pertanian lebih mengarahkan peningkatan kesuburan tanah itu melalui pemakaian pupuk organik, karena pupuk kimia atau anorganik itu hanya dalam dosis tertentu bisa menyuburkan tanah, tapi kalau lama-lama dipakai itu bukan akan menyuburkan, bisa-bisa akan menjadi racun atau residu di dalam tanah,” tutur Plt. Bupati.

Olehnya Plt. Bupati berharap kepada para peserta yang meliputi Kepala Desa, BUMDes, Kelompok Tani dan Masyarakat, kiranya benar-benar memanfaatkan momen sosialisasi tersebut, guna untuk menambah ilmu dari para pemateri.

“Pupuk organik ini bahannya tersedia dialam, seperti sampah atau kotoran ternak yang mudah diolah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk mengolahnya, tetapi pemanfaatannya sangat luar biasa, menyuburkan dan menyehatkan serta mengembalikan hara dalam tanah,” ujar Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...