Tilamuta, MediaCenter – Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama Prof. Dr. Rauf A. Hatu, memastikan Kabupaten Boalemo akan segera memiliki Sekretaris Daerah yang definitif. Hal tersebut disampaikannya pada acara Pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Senin (21/9/2020) di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo.

Diketahui, ada tiga pejabat teras di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo yang mengikuti seleksi tersebut, yakni Sherman Moridu (Kepala Bapppeda Boalemo), Haris Pilomonu (Kepala Dinas PTSP ESDM), serta Yakop Musa yang saat ini masih mengisi posisi Penjabat Sekda Boalemo,

“Ketiga orang calon ini akan kami seleksi untuk mencari  nomor 1, 2 dan 3, tetapi dinomor urut itu tidak menutup kemungkinan Bupati sebagai PPK memilih satu dari tiga calon tersebut. Kewenangan kami itu hanya menyeleksi 3 setelah itu kami serahkan kepada Bupati hasilnya serta melapor ke KASN, dan kita mengupayakan pelantikan sebelum tanggal 8 Oktober 2020, karena 8 Oktober itu berakhir masa jabatan PLT Sekda,” kata Ketua Pansel Rauf A. Hatu.

Dihadapan Bupati Boalemo Darwis Moridu, Wakil Bupati Anas Jusuf serta para Pimpinan OPD yang hadir, Prof. Rauf A. Hatu menjelaskan, untuk seleksi jabatan tinggi pratama Sekda Boalemo ini telah mendapat persetujuan dari KASN.

“Ada satu diktum dalam peraturan KASN bahwa, setelah melakukan pelaksanaan seleksi ini, Bupati selaku PPK mengkoordinasikan dengan Gubernur bahwa Kabupaten Boalemo telah melaksanakan Seleksi Sekda periode yang tidak ditentukan,” katanya.

Ketua Pansel Rauf Hatu menambahkan, pada seleksi kali ini terdapat empat aspek yang akan menjadi poin penilaian yakni, kompetensi manajerial, penulisan makalah, wawancara, dan rekam jejak yang terdiri dari rekam jejak tertulis dan tidak tertulis.

Para peserta akan diuji oleh lima tokoh yang terdiri dari unsur profesional dan birokrat diantaranya, Prof. Dr. Rauf A. Hatu selaku ketua Pansel, Dr. Sukarman Kamuli sebagai sekertaris panitia, serta Ridwan Yasin dari unsur birokrat yang juga sebagai Sekda Kabupaten Gorontalo Utara.

 Sementara itu Bupati Boalemo Darwis Moridu berharap, kandidat yang terpilih nanti akan lebih profesional, memiliki komitmen dan integritas serta paham terhadap skala prioritas pembangunan Boalemo kedepan.

“Pesan saya, niatkan dan lakukan dengan tulus ikhlas, bekerja dalam upaya menuju Boalemo yang lebih baik. Karena dengan pelaksanaan seleksi terbukan ini, diharapkan akan melahirkan Sekretaris Daerah yang mampu merealisasikan visi misi Pemerintah Daerah,” tutur Bupati Darwis.

Bupati Darwis pun mengimbau kepada peserta, agar kiranya bersungguh-sungguh mengikuti seleksi tersebut dengan mengedepankan kompetensi. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...