Tilamuta, MediaCenter – Sejak dibangun pada tahun 2017, akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Ir. Iwan Bokings Kabupaten Boalemo yang merupakan rumah sakit kedua dibangun Pemkab Boalemo mulai beroperasi.

Awal dibukanya pelayanan pada rumah sakit tersebut ditandai dengan peresmian oleh Bupati Boalemo yang dikemas dalam acara Soft Opening RSUD Dr. Ir. Iwan Bokings, Senin (31/08/2020) di Kecamatan Paguyaman.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf, Wakil Ketua DPRD Boalemo Lahmudin Hambali, Unsur Kejari Boalemo, Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Isteri mendiang Almarhum Iwan Bokings yang merupakan Bupati pertama di Kabupaten Boalemo serta masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Boalemo Darwis Moridu mengatakan, pembangunan RSUD Dr. Ir. Iwan Bokings merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional, karena kesehatan menyentuh hampir semua aspek kehidupan masyarakat.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah, dengan menyediakan fasilitas sarana dan prasarana kesehatan, antara lain pembangunan rumah sakit seperti yang kita lihat saat ini,” ujar Bupati Darwis Moridu.

Untuk itu Bupati meminta kepada Manajemen Rumah Sakit, untuk bisa memiliki visi misi dan motto yang jelas dan terukur, yang merupakan bagian penting dalam pengembangan amanah pelayanan publik bidang kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo Sutriyani Lumula menjelaskan, RSUD Iwan Bokings ini merupakan rumah sakit kedua yang dibangun Pemkab Boalemo setelah RSUD Tani dan Nelayan (RSTN) yang berlokasi di Ibukota Kabupaten Boalemo yakni Kecamatan Tilamuta.

“Jadi RSUD Dr. Ir. Iwan Bokings ini adalah rumah sakit yang kedua setelah RSTN yang dibangun Pemerintah Boalemo yang dananya bersumber dari DAK Penugasan, dan Kabuapten Boalemo merupakan salah satu dari 23 kabupaten lainnya yang juga melaksanakan pembangunan Rumah Sakit,” kata Kadis Sutriyani.

Sutriyani menambahkan, jumlah fasilitas yang telah terbangun sebanyak 11 bangunan diantaranya  dari Gedung Sekretariat dan Manajemen, Gedung Instalasi Gawat Darurat, Gedung Instalasi Rawat Jalan, Gedung Instalasi Rawat Inap dan Gedung Ruang Operasi. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...