Tilamuta, MediaCenter – Setelah melalui berbagai upaya, Kapal Todak 02 yang sempat karam diperairan Pantai Ratu Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo beberapa waktu lalu, akhirnya kembali bisa mengapung, Kamis (22/4/2021).

Dikoordinir langsung Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, kerja keras Tim Evakuasi Pemkab Boalemo yang bekerja sama dengan Masyarakat, dalam menyelamatkan Kapal Bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan bernomor lambung 1802 tersebut, membuahkan hasil tepat dihari keempat upaya evakuasi.

Dihubungi via telepon Ptl. Bupati Anas Jusuf mengatakan, keberhasilan ini bisa dicapai berkat kerja sama tim yang begitu baik.

“Syukur Alhamdulillah, Kapal Todak 02 yang mengalami insiden empat hari lalu, ini sudah berhasil dievakuasi dan sekarang sudah dalam posisi mengapung, tentu ini atas kerja semua tim yang terlibat terdiri dari semua OPD dan bekerja sama dengan masyarakat dan pengusaha,” kata Plt. Bupati.

Dalam upaya ini Plt. Bupati Anas Jusuf sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat khususnya Warga Desa Bajo Kecamatan Tilamuta, juga salah seorang pengusaha asal Tilamuta Farid Danial serta Perusahaan Pabrik Gula Gorontalo, yang telah membantu proses penyelamatan kapal karam tersebut.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu, khususnya, teristimewa bantuan Pak Parai (Farid Danial) salah seorang pengusaha sukses di Tilamuta, dengan tulus ikhlas mengerahkan kapalnya sendri didalam proses evakuasi ini, dan masyarakat Desa Bajo yang dipimpin Kepala Desa, mereka juga sangat-sangat berjasa, termasuk dari Pabrik Gula yang menyiapkan Galon sekitar 55 buah,” tutur Plt. Bupati.

Selanjutnya Plt. Bupati Anas Jusuf menjelaskan, diwaktu mendatang pihak pemerintah akan melakukan langkah-langkah selanjutnya seperti pembenahan-pembenahan dibagian kapal.

“Evakuasi ini baru langkah pertama, nanti tahap kedua akan dilakukan pembenahan-pembenahan, karena tentu mulai dari mesin dan sebagainya itu akan dilakukan pembenahan-pembenahan, yang paling kita syukuri adalah kapal ini sudah bisa diselamatkan,” ujar Plt. Bupati.

Plt. Bupati Anas Jusuf menambahkan, usai proses evakuasi ini pihak pemerintah akan memarkirkan Kapal Todak 02 tersebut di Pelabuhan Tilamuta, guna untuk pembenahan dan perbaikan lebih lanjut.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo Yakop Musa mengatakan, tepat pukul 15.00 proses evakuasi yang sudah berlangsung selama empat hari itu sukses dan kapal todak 02 berhasil mengapung kembali.

“Pada prinsipnya, semangat kita untuk mengangkat kapal ini memang sudah terbangun dari hari pertama upaya evakuasi, Alhamdulillah tidak pernah surut dan hari ini kurang lebih pukul 15.00 telah berhasil membuat Kapal Todak 02 kembali mengapung,” kata Yakop.

Sehingga kedepannya Yakop Musa mengaku, pihak pemerintah Kabupaten Boalemo akan lebih memperketat pengawasan terhadap keberadaan aset-aset milik Pemerintah.

“Untuk kedepannya tentunya Pemerintah Kabupaten Boalemo akan lebih meningkatkan pengawasan dan jangan sampai abai lagi terhadap keberadaan aset daerah,” ungkap Kadis Pariwisata. (HL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights bos...